Blackberry 10, Blackberry Z10 dan Blackberry Q 10, Apa Bedanya?

Diposting oleh Pelangi Flasher on Senin, 25 Maret 2013
BlackBerry 10 Sistem Operasi pada ponsel yang dibuat oleh BlackBerry Limited (sebelumnya Research In Motion/RIM) untuk ponsel pintar dengan merk Blackberry. BlackBerry 10 sendiri adalah sistem operasi pertama yang dikembangan dari sistem operasi QNX yang telah diakuisisi oleh Blackberry pada april 2010.
Blackberry 10 launching pada 30 Januari 2013 dengan diluncurkanya Blackberry Z10 ( Full touchscreen) dan Blackberry Q 10 (dengan keybord fisik QWERTY).

 

User interface Blackberry 10

Blackberry 10 dihadirkan dengan tampilan layar yang lebar, keyboard yang cerdas, dan kualitas kamera dengan kemampuan menjepret obyek yang bergerak, didukung juga dengan "8 Active Frames" yaitu kemampuan untuk menjalankan sekaligus 8 aplikasi yang di minimalkan yang ingormasinya dapat langsung dilihat pada layar utama. Sistem Operasi Blackberry 10 juga memiliki fitur 'Hub', daftar diakses dari mana saja di mana semua OS pemberitahuan termasuk email, situs jejaring sosial dan pesan teks dalam satu daftar lengkap .

Fitur Gestures Blackberry 10

Blackberry Z10 dan Q10 dibekali dengan tombol navigasi atau fitur Gestures yang menampilkan empat gerakan utama untuk navigasi yang mudah.
 

Multitasking

Seperti pada BlackBerry Tablet OS, BlackBerry 10 OS juga mendukung multitasking dengan integrasi gerakan. Menggesekkan naik dari aplikasi apapun menampilkan layar aplikasi yang berjalan, yang berfungsi sebagai switcher aplikasi dan task manager. Pengguna dapat beralih melalui aplikasi yang berjalan dengan menekan pada salah satu aplikasi atau menutupnya dengan menekan pada 'X' pada bagian kanan bawah dari aplikasi itu sendiri . Beberapa aplikasi juga menawarkan widget seperti fungsi, mirip dengan Android.  Contoh ini termasuk, gambar bersepeda app melalui album foto atau aplikasi kalender menunjukkan acara mendatang dan pertemuan. Aplikasi yang paling diakses juga melihat-bisa pengguna pada layar multitasking.  

BlackBerry Hub

BlackBerry Hub bertindak sebagai pusat pemberitahuan, dengan account seluruh pengguna sosial dan email terintegrasi ke dalam satu aplikasi. Ini termasuk, pada saat peluncuran, klien standar E-mail, Twitter, Facebook, BlackBerry Messenger (BBM), dan LinkedIn (dengan opsi untuk mengubah salah satu layanan off).
 

BlackBerry Balance

BlackBerry Balance adalah fitur baru yang diperkenalkan di BlackBerry 10, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan baik data pribadi dan data pekerjaan kantor terpisah di ruang sendiri. Menggunakan Blackberry Enterprise Server 10, departemen TI dapat memungkinkan pengguna untuk mengatur pekerjaan-ruang yang secara otomatis menginstal aplikasi dan account email. Setelah selesai, pengguna dapat menavigasi antara profil pribadi dan pekerjaan, dengan menggesekkan bawah pada halaman aplikasi. Semua data pengguna dijamin melalui 256-bit enkripsi AES, dan setiap file yang dibuat akan tetap berada dalam partisi profil Time Shift Kamera

Kamera Blackberry 10

BlackBerry Z10 dan Blackberry Q10 memiliki fitur software kamera yang dapat mengambil beberapa frame dari setiap jepretan. 
 

Berbagi Video dengan BBM

Aplikasi pesan BlackBerry yang populer sekarang termasuk kemampuan untuk video chat, serta kemampuan untuk berbagi isi layar BlackBerry pengguna dengan orang lain. 

Menjalankan Game Android pada BB Z10 dan BB Q10

Game Android dapat dimainkan BlackBerry 10 Smarpthones untuk menjalankan beberapa aplikasi yang dirancang untuk Sistem Operasi Android

Keyboard

Blackberry Z10 menggunakan fitur layout keyboard virtual baru yang meniru keyboard fisik generasi terbaru.
Blackberry Q 10 Menggunakan Keyboard Fisik yang menampilkan Huruf dan angka mirip dengan perangkat BlackBerry sebelumnya.

Bundled aplikasi BB 10

Blackberry 10 di bundling dengan sejumlah aplikasiyang membantu pengguna melakukan berbagai tugas dan kegiatan termasuk peta, browser Web, Pengingat (Sticky catatan app), Documents to Go, pembuat Story (video dan musik aplikasi jahitan), kalkulator, jam, musik, media, cuaca, dan file manager. Integrasi layanan awan seperti Box dan Dropbox juga terintegrasi secara default. Selain itu, populer BlackBerry layanan pesan, BlackBerry Messenger juga  disertakan dengan BlackBerry 10.

Aplikasi Pihak Ketiga

Pada saat rilis  Januari 2013, BlackBerry 10 memiliki 70.000 aplikasi pihak ketiga. Ini merupakan peningkatan yang substansial atas PlayBook BlackBerry yang diluncurkan dengan hanya 3.000 aplikasi pihak ketiga . Pada akhir Maret 2013, BlackBerry 10 diperkirakan memiliki 100.000 aplikasi.
Berbeda dengan OS BlackBerry sebelumnya (tetapi mirip dengan BlackBerry PlayBook), aplikasi harus diunduh melalui BlackBerry App World, yang datang disertakan dengan BlackBerry 10.

Perangkat Blackberry 10

  • Z10 smartphone tanpa keyboard fisik (full touchscreen).
  • Q10 Smartphone dengan klasik BlackBerry QWERTY keyboard.

[ 0 komentar ]

Posting Komentar